dedicated to … Grrrrrrrr

Teruntuk sebuah organisasi yang akan menaungi saya nantinya, terkhusus yang berada di lingkungan saya tinggal! Ini hasil catatan saya selama seharian tadi mengikuti prosesi “PEMBINAAN” Ya ya ya.. Dibina jadi apa ya kira-kira kalo mereka kasih contoh kaya tadi 😐

Nih ya catetan gw:

  • telat 1 jam dengan alasan terjebak macet! hey what took you so loooooong!

kalo udah tau bakalan telat ya datengnya nyubuh aja doooong! PROFESIONAL abis yaa baru dateng sejam eh salah satu setengah jam kemudian dari yang telah dijadwalkan!!!

  • kuitansi tulisan 700.000 + 100.000 *menimbulkan kecurigaan ADA APA INI COBA?

harga yang ruarrrr biasa murah ini, emang bikin gw gondok setengah mati! perasaan semester kemarin masih 650.000! Lo kira harga apartemen yang naek di tiap hari senen? Ok, gapapa.. mungkin emang itu harga sebuah proses sertifikasi, tapi pas ditanya dengan jelas jawabannya cuman UNTUK ADMINISTRASI DAN KONSUMSI. Udah itu doang? Grrrr….

  • soal tes (pre- and post-) masih menggunakan **ISFI** OMG they’re so lame –a

Dengan alasan KAMI SIBUK jadi tidak sempat menggantinya, heyyy udah berapa bulan sih dari semenjak digantinya nama organisasi ini?! Emang ga sempet pisan hah? Padahal rasanya kalo tinggal edit bentar doang mah ateuh ga nyita banyak waktu, oooh ato masalah uang kali ya? mahal gituh buat ngeprint dan motokopi lagi? Duh bukannya gw udah bayar duit buat administrasi ya? Oke lah gapapa.. Cukup tau aja T__T

SATU LAGI! PENTING! Katanya kita seorang apoteker harus bla bla bla dan UP-TO-DATE terhadap segala perkembangan kefarmasian!!! Dan eerrrmmm.. ITU YA UNDANG-UNDANG KESEHATAN AJA MASIH UU no. 23 Tahun 1992 –a

  • Schedule? Ga usah bikin aja sekalian!

Ya ya ya, terserah mau bikin schedule kaya apa, yang pasti tadi kacau abis, ditambah hey kalian para panitia yang budiman telat satu jam! PERFECTO!

  • MAKANAN! HAHA YANG INI PENTING! 800.000 cuman dapet gitu doang, hell yeahhhhh..

Huh, sekalian upload aja apa ya potonya? hahahaha.. ADMINISTRASI DAN KONSUMSI, oke! …..

SPRACHLOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOSSSSSSSSSSSSSS wooooowwwww….

Advertisements

perjalanan panjang sebelum gelar itu :)

FERRY GUNAWAN

90708038

hmm.. akhirnya euy kesampeian juga nulis beginian, haha.. Setelah berjuang hampir sebulan lebih lah yah, satu-satu tuh Ujian Apoteker Aje Gileee (UAAG) kelewatin juga dengan *ehm* baik? :B Oke deh mari kita berbagi emosi bersama adik-adik *cailaaah* yang mungkin sekarang lagi sama deg-degannya ama gw sebelum si UAAG ini dimulai. Sok jangan lupa baca Bismillah, sambil mau ngingetin juga, jurnal ini bukanlah sebagai panduan/sumber satu-satunya adik-adik *aing mah garetek euy hahah* buat ngerjain ujiannya nanti, cuman sebagai bahan perbandingan ajah.. Karena isi jurnal ini belum sepenuhnya BENAR! Masih banyak kesalahan yang mungkin luput diperiksa sama penguji.

Okerio mari kita mulai!

Persiapan UAAG!

Setelah kembali dari cuti bertualang ke Pontianak, akhirnya si guwa kudu turun kelas barengan temen-temen apoteker Maret ’09. Nah, pas di awal perkuliahan semester 2 ini biasanya kan suka ada pembentukan panitia UAAG! Langsunglah saya mengacung sebagai Ketua Markas (M) haha.. Ribet banget sumpahnya mah, sambil kuliah sambil ujian sambil jalan nyari M dimana-mana! Sempet agak semaput juga soalnya pas masa KP 2 abis (kebetulan KP 2 di Apotek Mutiara Hati di GEDEBAGE sementara saya harus nyari M di sekitaran KAMPUS wew deket bangeeet..) Tapi kebayar pisan karena akhirnya dapet M yang sesuai di hati pas di kantong nyaman di kaki, Cimandiri 30 B jadi saksi  saya dan temans selama ± 2 bulan buat UAAG!

Kalo ngomongin masalah persiapan UAAG! pribadi  mah agak-agak miris, karena kurang pisan lah.. Sementara jiwa ini terpanggil buat bantu temen-temen *naon sih hahah*. Jadi selama masa libur abis KP paling cuman ngurusin buku pribadi, jurnal turunan, baca-baca dikit, kelengkapan ujian, dll. Sisanya mah TOTAL PISAN ngurusin M haha..

UJIAN 1 – PENELUSURAN PUSTAKA

Ini ujian paling hebring menurut gw mah, soalnya kerasa pisan UAAG! teh ya disini, wew.. Pokonya diingetin lagi buat adik-adik semuah, persiapan U1 kudu hebring juga! Deg-degan ruarrr biasa udah dimulai dari jauh-jauh hari pisan dah.

Hari 1 – 30 Maret 2010

Kebagian ujian di lab. farmakoterapsucks meja no 28 apa ya? Begitu masuk tiba-tiba datenglah segerombol dosen yang memaksakan diri untuk tiba-tiba jadi galak dan ujug-ujug menginspeksi badan gw dari seluruh alat elektronik-komunikasi *shit men, kenapa cuman gw gtuuuh yang diperiksa tahiks!! Lalu lalu pas dipanggil buat ngambil soal gw ga ada deg-degannya sama sekali, bahkan sebelumnya gw bingung ini apaan sih dipanggil ke depan hahaha.. pas buka gulungan soal jreng jreeeeeng

Wooooow, itu SETERIL ya? Muahahaha.. akhirnya gw cuman bisa cengar-cengir tidak pasti dan berusaha untuk setenang mungkin *cukup berhasil* Untung udah bikin timeline gawean sih, jadi tau harus ngerjain apa-apa aja.. Alhamdulillah bukan jackpot */** jadi ga ada masalah yes! Dua sesi dilewatin cukup lancar, sambil dengerin Pa Amir dakwah terselubung *yang ini cukup ganggu, soalnya konsentrasi gw kebagi heuuh si Bapa :P* alhamdulillah targetan H1 beres. Balik-balik bareng si Pur+Suk mandi dulu soalnya yakin banget di M pasti pinuh!

Baru nyampe M jam 7 malem, dan ternyata partners belom beres *hahaha banyak maunya gini gw* agak panik karena di jadwal gw, jam 8an udah bisa diskusi *NGAREP ABISSSSSS :P* akhirnya sambil berdesak-desakan dan menginvasi kavling si luthfi-ijal-petot akhirnya bisa selesai TENGAH MALEM. Kebiasaan jelek gw: begadang, amat sangat membantu pas ujian, periksa sana-sini ampe jam 2 dan akhirnya merasa sangat terbantu dan terharu sama si Doti yang menginspek juga semuanya, lalu bisalah gw tedoooor ± 1.5 jam laah..

Hari 2 – 31 Maret 2010

Jangan lupa yaa dicek lagi semua bahan yang bakal disalin di hari ke-2 dll.. Agak tenang karena ternyata gw tinggal ngerjain 1 bab. Sambil bersenandung lalalala, sumpah gw tenang abis dan pede pisan! TAPI ITU HANYA SAMPAI ISTIRAHAT AJA BUNG! Pas sesi ke-2 rasanya gw mau mati, ternyata 1 bab itu sumpah lobaaaaaaaa pisan, baru beres banget ngerjain jam SETENGAH 5 wew.. Keluar ruangan gw cuman bisa mau mewek ajeh.

Abis ujian 1, gw cuman bisa pasrah pasrah pasrah pasrah weh lah. Ga taunya tergoda juga membaca jurnal gw dan AAAAAAAAAAARGGGGGGGGGHHHHHHH itu sumpah ya salahnya banyak pisan T___T   Pas cerita-cerita ama si Doti, dia cuman bisa diam dan membisu, cihhh.. gw tau itu pertanda buruk dan gw ga bisa tidur beberapa hari itu!

Pas nungguin pengumuman, gw mah beneran da pasrah luar biasa, akhirnya si Ijal yang liatin pengumumannya dan hasilnya ternyata……. Alhamdulillah!! masih dikasih kesempatan lagi buat terus ujian ke-2. Kira-kira begini penampilannya:

Ferry Gunawan LULUS (P:FIO) Pengujian Mutu

Bener aje kan firasat gw, kalo GA LULUS pasti PERINGATAN! Hahaha.. oke daripada ngalor ngidul mendingan gw kasi tau tips, trik, dan kesalahan gw dimana aja:

–        Meski udah bikin timeline, coba deeeh diliat lagi tuh gaweannya, atur lagi antara targetan sama kenyataannya, kaya gw tuh akhirnya panik sendiri di hari ke-2

–        Gara-gara panik, semua ga ke-cek lagi kaan!? Akhirnya ada beberapa yang FATAL ABIS! Bisa-bisanya itu kelewat semua! Btw, kesalahan gw itu di INFORMASI OBAT, pertama di indikasinya itu ngaco pisan: malah gw tulis mekanisme kerja hahah.. satu lagi di bagian wadah gw ga cantumin indikasi. Doti dan beberapa teman yang lain bilangnya SUNGGUH SANGAT BERUNTUNG, HARUSNYA *MUNGKIN* GA LULUS huhu..

–        Jangan pernah ngandelin jurnal taun-taun sebelumnya, inget yaa, kan belum tentu yang lulus itu bener, karena bisa aja LOLOS alias SELAMAT dari dosen-dosen yang jeli heheh.. Percaya aja sama diri sendiri *dan partners tentunya ahahah* CEK CEK CEK RICEK SEMUANYAAAA!!

–        O iya, SIAP SALIN nih kadang suka ga bener.. Jadi daripada lo pusing mendingan ikutin aja format yang udah dikasi sama panitia dan lo kembangin sendiri deh yah :B

Buat 8 temans yang lain yang belom rejekinya, semangat nyaaa.. Insya Allah dibantuan ku urang sip!

UJIAN 2 – LABORATORIUM (PENGUJIAN MUTU)

Muahahahaha.. ini ujian aseli dah, gw nyantei abisssssssss! Rasa deg-degannya palingan sekitar 1% dari ujian 1 haha.. Soalnya begitu tau gw dapet di pengujian mutu a.k.a. ANALISIS wuihiiiii santeyyyyyyyy beratt =)) karena eh karena gw terbebas dari LAB STERIL yang jadi momok gw deh serihus *meski pernah jadi asisten disini tapi embuuuuung didinya bweeeks*

Ngomongin persiapan: errrrmmm cuman 50% kayanya.. Palingan cuman ngebantuin bikin pereaksi doang, itu juga berkali-kali gw tambahin soalnya ga sadar butuh pereaksi ini itu heheh.. Yang pasti di ujian 2 lebih banyak minta bantuan orang buat ngerjain KEMASAN DKK.. Ini yang bikin gw hampir ga lulus soalnya, oh iya kalo di analisis untungnya kemasan dkk ini boleh dikerjain di rumah dan ga harus diprint di kampus jadi yaaa agak nyantey juga, cuman emang PASTIIN deh itu si I.O. jangan sampe kena peringatan lagi ato bahkan ga lulus.

Pas ujian dapet kontrak tugas:

Bahan baku à Identifikasi (Spektro UV, Reaksi Klorida), Kemurnian (Logam Berat, Susut Pengeringan, Cemaran Umum/KLT), Penetapan Kadar (Titrasi Bebas Air).

Sediaan à Identifikasi dan Penetapan Kadar (Spektro UV)

Hari 1 – 14 April 2010

Wuih, sempet bingung mau ngerjain apa haha.. Soalnya kan tiap tugas yang harus dikerjain itu udah ada jadwalnya yang ngatur, jadi harus tepat jadwal sama anak-anak yang laen. Tapi karena yang laen pada lama, akhirnya gw kerjain Reaksi Klorida dulu, asli ini mah cepet pisan! Setetes dua tetes jadi hehe.. Pokonya meski agak riweuh hari pertama bisa selesai 5 metode (+ Spektro UV, Susut Pengeringan, Cemaran Umum/KLT, sama Logam Berat) edan sumpah lega pisan hehehehe..

Hari 2 – 15 April 2010

Karena eh karena H1 udah beres 5 metode untuk bahan baku, berarti tinggal ngerjain sisanya yaitu si TBA! Buset dah ini mah namanya aja titrasi tapi bikin gw emosi jiwa karena sampe berapa kali ngulang hasilnya goreng mulu T.T Tapi akhirnya setelah berkali-kali gw coba, si TBA beres juga dan hasilnya edan sama pisan pas ngitung balik spektro UV berarti kerjaan gw beressss untuk bahan baku!

Hari 3 – 16 April 2010

Ehm, seharian ini sepertinya bakalan lega karena udah tau gw cuman ngerjain Spektro UV buat identifikasi bahan sama ngitung kadar hihi.. Ya udah lah itu mah santey pisan, mana sampel gw kan ga usah diencerin lagi! Seneng pisan, sebelum jumatan udah beres, tapi kemasan belom jadi hehe.. Abis jumatan cuman ngeprint kemasan sama mikirin ntar baliknya mau kemana hahaa.. Sesi 2 gw cuman bantu-bantu yang laen yang masih pada ngerjain, sekalian ditambah tragedi mati lampu sehingga blower matii, jadi ajah gw ngipas-ngipasin si Nenden bareng Tita, supeeeerb muahaha..

Sampailah kita di hari pengumuman, jam 3 sore, gw masih di kantor.. Si Tendy dapet SMS dari Jek katanya yang lulus disuruh kumpul! Tapi GW GA DAPET T_____T pertanda apakah gerangan, anjir dengan rasa was-was langsung ke depan TU Apoteker, dan akhirnya…

Ferry Gunawan LULUS

Dan sekarang mah kaga pake lagi tuh namanya PERINGATAN ihiiiy 😛 Sayang satu orang harus udahan di tahap ini, huhu.. Semangat nya J

UJIAN 3 – SIDANG APOTEKER

5 Mei 2010

Lagi-lagi masih dikasi kesempatan, kalo yang ini meski kata orang Insya Allah pasti lulus tapi tetep lah ga mau malu-maluin di dalem ruangan heheh.. Akhirnya ikutan grup belajar Geng Duplo *oktober ’08 yang belom lulus* dan beneran dah ini mah efektif-efisien pisan haha, enaknya cuman dengerin orang-orang yang diskusi!

Kira-kira ini pertanyaan sidang gw:

Ibu Kusmeni (IAI):

Pengetahuan PP 51, nanya STRA, jalur bikin STRA, bedanya DOEN sama DOWA, obat esensial contohnya apa aja, dll.

Ibu Rumah-Sakit-berambut-pendek:

Apa-apa aja yang harus dikasi tau ke pasien mengenai obat gw, untuk penggunaan berapa lama, kalo udah dibuka maksimal berapa hari boleh digunakan, kondisi apa aja yang boleh diobati pake obat gw, dll.

Ibu istrinya-Pa-Andre:

Kalo di apotek pake aer apa, disimpen dimana si obatnya, dll.

Pa Sigit:

Kenapa penggolongan obat gw jadi obat keras, swamedikasi apa, kenapa di pasaran OBT, dll.

Pa industri-berkacamata-superreseabisnyebelinhakcuhgroookkk:

Expired date, gimana cara nentuin expired date, apa arti stabilitas, penggolongannya, bedanya satu sama lain, dll.

Pa Dadang (LAFI AU) *ce-es gw ini mah 😛 :

Kalo di industri bikin OTM dimana, syarat ruangannya, pake air apa, dll.

Ibu Lisda (RS Muhammadiyah) :

Gimana cara pake obatnya yang bener, dll.

Pokonya mah dari sekian banyak pertanyaan itu nanyain mau kerja dimana abis lulus, sama dikasi wejangan-wejangan. Senyum aja sambil manggut-manggut deh udah cukup kalo ga bisa jawab mah, hehehe.. Sebelum keluar ruangan, dapet ‘jeweran’ dari Prof. Asep Gana Suganda: “Jadi kesimpulannya, anda mah moal cocok kerja di Industri, Rumah Sakit, jeung Apotek” Ehmm nuhun pisan pa, da saya mah mau jadi arteysh hahaha..

Nungguin ampe jam 4 sore, dan akhirnya lulus jugaaa!! Alhamdulillah J  AING LULUS OGE!!!! Sayang sekali harus ada yang udahan di tahap sejauh ini, hiks.. Semangat nya, di balik kesusahan pasti selalu ada kemudahan buat kamu ya Neng L

ALHAMDULILLAH!

satu kata yang terucap setelah resmi dinyatakan LULUS UJIAN APOTEKER!! Seiring doa dan usaha yang telah dilakukan, saya juga mau ngucapin banyak-banyak-banyaaaa…kk terima kasih, buat:

1. ALLAH SWT!!!! Kerasa banget kawans, apapun yang terjadi di idup lo udah jadi aturan-Nya! Ampe sekarang pun kalo gw mikir, MASIH GA KEBAYANG *DAN SEDIKIT TAKJUB TIDAK PERCAYA* BISA NGELEWATIN INI SEMUA :B

2. Personil Rengasdengklok 93:

  • Si Mamah (E. Supriyati) dan Si Bapa (M. Djalil Karana) yang sudah sabar luar biasa mengijinkan anaknya cuti bertualang satu semester buat nyari duit serabutan dan akhirnya kembali disusahkan, dipentaan duit, dll 😛 Hatur nuhun pisan Mamah-Bapa! Semoga si gw bisa bikin Mamah-Bapa bangga sebangga-bangganya orang bangga punya anak kaya sayah, haha..
  • Yanuar Pribadi, S.P. kakak tersobloh sedunia cuihhhh!! Hahaha,, Hatur nuhun pisan selama ini udah dipentaan duit (juga), dipinjemin bajunya hahaha (yang ini gw ngambilin sendiri dari lemari >:D ), buat segala motivasi yang ente berikan layaknya Mario Teguh versi belegug 😛 Semoga kita duaan bisa ngajieun si Mamah-Bapa BANGGA YES! Sukses terus juga buat ente, selamat menikmati juga panasnya borneo bung, impas kita sakali ewang haha..
  • Tambahan mah Subang 14/18 (esp. Ma Grandma cupcupcup), Babakan Ciamis 43 buat semua dukungan, doa, bantuannyah nuhun nuhun nuhun cups :*

3. Para Partnersss.. yang tanpa kalian gw ga tau deh bisa berhasil apa kaga!? MAKASIHNYAH TO THE MAXXXXX PISANNNNN!! 😛

  • Doti Parameswari, S.Si., Apt. *formulasi/kabeh :P* KEREN PISAN LAH MANEH, mantaf deh calon master 😉 ahaha.. maafkan kebelegugan saya pas ujian. Makasih banget udah meluangkan waktu anda di sela s2, asistensi, pekerjaan di Jakarta, kepribadian ganda di SKD, dll. Makasih juga udah mau dicurhatin pas ujian tentang ini itu sagala rupa! Maaf udah sering pisan nyusahin, apalagi mengabaikan pekerjaan di SKD haha.. *itu semata hanya ingin mendekatkan dik Doti bersama Pa Bos-Yoes tercinta ahieeew*  Haha.. SEKALI LAGI NUHUN PISAN!
  • Annisa Rahma, S.Si. *analisis* Si boneng 2005 #2 *eh bener nya? Haha.. Makasih Nisaaa, sok didoakeun ente semoga geura gancang nyusul nambahan tiga-hurup-ditambah-titik-di-belakang es-es-i hahaha.. Eta omat nya ‘turunan’ dijaga dengan baik.
  • Kartika Gilang M, S.Si. *farmol/i.o.* Ieu mah baturan ti jaman SMA hak cuh groookkk.. Hahaha, tengkiyu pisan Giill, sangat-sangat membantu urang deh dengan tulisan yang super rapih dan sistematis J Doa yang sama (seperti buat si Nisa) saya panjatkan juga buat ente, geura gancaaaang nyusul wokeh! THE BUSIATS RAWKS 😛
  • Sumayyah Abdurrahman *farmol/i.o.* tah mun ieu bener Sepupu Ketemu Gede (eh literally loooh ini.. 😛 ) Sepupu-sebelah yang ternyata jadi anak farmasi jugaa *heug siah maneh, tahhhh mangga cobian weh 5 taun didieu, matak weureu!! Hahaha.. Sok sing rajin, jangan kaya sayah.. geura gancang jugaaa jadi sarjana-farmasi-klinik-komunitas *bener nya? S. Farm? 😛 kalo ada apa-apa butuh bantuan tinggal hubungih sahjaah Ay J
  • Hubbi Nasrullah, Andika *farmol/i.o./kemasan* Gw rasa ini berdua cem-cemannya si Ayya 😛 haha heureuy euy! makasih Hubbi udah mau jadi cabutan pas Ujian 1 dan menjadi super-multi-tasking (tukang potokopi, translator, bodigar si Ayya, dll haha..). Makasih oge ke Dika yang udah sabar pisan ngadepin gw yang cerewet dan perfeksionis buat ngerjain kemasan (Ujian 2), dan hasilnya MEMANG SANGAT MEMUASKAN! Nuhun ya kalians..

4. Tim Panitia Ujian Apoteker Maret 2009

  • Zarkasyi, S.Si., Apt. (yesss!) partner in crime, haha.. Makasih jek udah sering gw susahin gw mintain tolong, udah mau ngurusin anak-anak dengan sabaaaaaarrrr 😛 Salut, keren lah yah kita 😀
  • Tim MARKAS! (in alp. order) Arie Anggraini, Mayna Ismailova, Meutia Faradilla, M. Saifullah Amin, Riskiyani Imilda, dan Rizal Abdullah (S.Si., Apt., S.Farm., Apt.) . WHAT A TEAM! Meski letoy di awal tapi beres banget di akhir ahaha.. Asyik banget deh punya tim kaya kalian, nuhun yah udah sabar dan membantu sangat!!
  • Temen-temen panitia yang laen.. Hatur nuhun pisan! MATERI (Tendy Rusdiana, S.Si., Apt. dkk)buat semua perintilans ujian, TRANSPORT (Luthfi Adhitama N., S.Si., Apt. dkk) sering gw paksa antar jemput kesana kemari haha.. KONSUMSI (Frans Niken, S.Farm., Apt. dkk) ngonah, kagak mengecewakan.. perut kenyang otak lancaaar 😛 Semuanya daaaahhh yang ga bisa disebut disini satu-satu!
  • Panitia Ujian Apoteker Maret 2009 – HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB Vincent Angga dkk.. Thanks yah diks, maaf pisan udah disuruh-suruh ini itu rewel bawel haha, Insya Allah kebales banget lah jasa kalian nanti pas ngalamin ujian apt aminnn J GOOD JOB!

5. Pa Bambang Hermanto, M.Sc, MMBAT Om, makasih ya, maaf kantornya kami pake jadi markas hahaha.. Udahannya malah ancur 😛 Semoga kerjaannya jadi sukses terus amin!

6.  Bambang Adryanto (Bendot, MS ‘07) ini anaknya no. 5 hahaha.. Ben, tengkiyu yah, kalo gw ga ikutan rapat taekwondo di C30B ga tau deh nasip gw ujian J Cepet lulus looo!! Amin.. Sori sering ngambil jatah parkir mobil lo hahah..

7. G.S.M.

Sahabats paling okeee sedunia deh haha, segerombol suka duka! Makasih pisan udah selalu ngasih dukungan, doa, bantuan, dll.. Y!Man kapanpun buat nanya gimana ujian gw, nemenin gw maen dikala butuh, memberi wejangan ujian, nangkrings berbobot, bisnis, dll dll haha.. Tengkiyu guys! Yang masih pada betah kuliah (s1, apt, s2) cepetan luluuus, yang mo kawin geura kawin, yang udah gawe sukses teruuus!!!

Budi Eri Santoso, S.Si.; Devi Fajar, S.Si., Apt.; Fieny Fadliah, S.Si.; Friska M. Malau, S.Si., Apt.; Ghaida Gunarti, S.Si.; Jovian Agustinus; Maria Angelina, S.Si., Apt.; Meswati Fontianika, S.Si., Apt.; Mia Wismiati, S.Si.; Nadya Fadilla, S.Si., Apt.; Puteri Noor H., S.Si., Apt.; Resty Yulidayani, S.Si.; Rizky Sanjaya, S.Si., Apt.; Shinta Listiane, S.Si., Apt.; Yussi Asri W., S.Si., Apt.

8. Amirah Adlia, S.Si., Apt.; Anindita Rukmi Harumi, S.Si., Apt.; Atika Rimainar, S.Si., Apt.; Hutomo Haryo Wibhowo, S.Si., Apt.; Irvani Rakhmawati, S.Si., Apt. special mentions for you guys, yang udah mau bantu dan selalu ada disaat saya butuh dan tidak butuh kalian ahahaha.. Makasih pisan nyaa 😀 Makasih pisan juga buat Tiara Annisa, S.Si., Apt. yang udah nyumbangin buku-bukunya buat gw :B

9.   Orang-orang sampah yang selalu ada di sekitar gw di sela-sela ujian à Taekwondo ITB: temen buat muasin napsu gw hahaha.. hajar menghajar dikala kesal jeung bete di sela-sela ujian, dan pastinya temans nyampah sejati! Gradika Swara, S.ISIP heh ulin wae siah! Loulasella Asharinne (PL ’08) maacih lola :* ayo latihan bareng lagi, M. Iqbal Nagib (EL ’05) tengs yah ‘rab buat semuanyah, Nuke Putri putrA sampah haha makasih sayong J, Nurrisya Pane caaacing ga boleh manjah yah! SC7: sahabat seperjuangan SMA 😛 Erdina Utami, S.E. makasih din selalu ngingetin jadwal gw ujian heuhh hahaha.. ; dr. Fatima Aulia, dr. Putri Halleyana, dr. Setyo Dwi P. Eh udah resmi dr. belom ya? 😛 tapi udah lulus lah yah! Rekan sejawat kita 😛 ; Zulfikri Azmi buru heh gancang lulus maneh! SelaluAda: drg. Hanna Adianita Daulay tante makasih doa-doanyaaa hehe, semoga cantiks selalu *hayu kapan kita nikah 😉 Shakti Indraprasta, S.Ked. elo belom judicium kan? Haha.. ayo segeraa..

9.   Pegawai Laboratorium KK Farmakokimia (Teh Nur, Teh Ida, Pa Asep) wuidiiih, aseli ujian disini mah kaga kaya ujian, bageur semuaaa deh. Kerasa banget lah kalo ga ada beliau-beliau waalaikumsalam lah ujian urang mah 😛 Hatur nuhuuun..

10. Dosen sama staf pegawai Sekolah Farmasi ITB. Nuhun pisan sudah menjadi panutan yang bageus!

11. Semua yang udah doain, bantuin, ngasi dukungan yang ga bisa disebut disini satu-satu dan yang kemungkinan gw lupa deh makasih pisan, semoga doanya, bantuannya, dukungannya bakal selalu jadi amal baik dan dibales suatu saat sama Allah SWT AMINNNNN J

12. Last but not least, 5Bu *sisa-sisa G.S.M. di bulan maret 😛 jangan tanya artinya apa, itu hanya Tuhan, Resty, dan kami yang tahu hahaha* Hatur nuhun buat semuanya deh, segala perjuangan dari kita kuliah ampe ujian ini!! Akhirnyaaa, kita bisa kan guys!!!!

Makasih buat para pria buncits Luthfi Adhitama N., S.Si., Apt.; M. Saifullah Amin, S.Si., Apt.; Rizal Abdullah, S.Si., Apt. yang sama-sama udah cuti satu semester, bareng-bareng kuliah lagi, kerja bareng lagi, ahhh terbayar pisan yah! Sama si Fitria Yuanita, S.Si., Apt. yang ternyata harus dilantik bareng gw hihih..

Ok, udah panjang lebar pisan bacots, udah serasa arteysh gini gw hehe.. Kalo misalnya adiks sedang baca jurnal ini dan butuh bantuan, boleh pisan lah hubungin saya di:

ferry.gunawan.karana@gmail.com

tainonggeng@yahoo.com (+ Y!M)

085722059187 / 02291284093

Jalan Rengasdengklok 93, Antapani Bandung

That which does not kill us makes us stronger. *Friedrich Nietzsche*

Ferry Gunawan, S.Si., Apt.

ALHAMDULILLAH

sujud syukur ke hadirat Yang Maha Kuasa..
sambil perkenalkaaan nama sayah:

Ferry Gunawan, S.Si., Apt.

ahahahay, hatur nuhun semua doa, dukungan, bantuan, dll-nya selama ini ya temaaaans 😛

KECUP!
yang belum berkesempatan buat dilantik semester ini, all the best for you guys, selagi saya mampu bakal saya bantu YES~